ADMINISTRASI PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) TP. 2019/2020


Administrasi Penilaian Akhir Tahun (PAT) TP. 2019/2020 - Selamat malam, para pengunjung Blog Pak Ipung di mana saja berada. Pada masa pandemi Covid-19 saat ini membawa kita pada kebiasaan-kebiasaan yang baru. Tak terkecuali pada bidang pendidikan.

Proses pembelajaran yang tadinya bisa dilaksanakan secara tatap muka di kelas menjadi serba daring (dalam jaringan/online). Dan tak terasa, pembelajaran sudah berada di penghujung tahun ajaran. Sebentar lagi kita harus mempersiapkan segala sesuatu untuk pelaksanaan evaluasi. Evaluasi yang dilakukan di akhir tahun pelajaran biasa disebut dengan Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Berhubung sekarang hampir di seluruh sekolah memberlakukan Kurikulum 2013, akan berpengaruh juga terhadap alat evaluasi yang digunakan. Tidak semata-mata melaksanakan evaluasi saja, namun harus diperhatikandari jenis soalnya, apkah termasuk HOTS atau LOTS.

HOTS itu sendiri merupakan jenis soal yang tingkatannya berada pada level C4 - C6 yaitu, menganalisis, mengeavaluasi, dan mengkreasi (mencipta). Sedangkan LOTS merupakan jenis soal yang menggunakan tingkatan pada level rendah (low) 

PAT sendiri pada masa pandemi ini kemungkinan akan dilaksanakan secara daring (online). Meskipun demikian, tetap admnistrasi PAT harus dipersiapkan dari sekarang sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban panitia kepada pihak sekolah.

Di sini, saya akan menyediakan keperluan Administrasi Penilaian Akhir Tahun (PAT) TP. 2019/2020 yang sumbernya berasal dari sekolah sendiri maupun dari sahabat-sahabat yang senang untuk berbagi di dunia maya.

Beberapa diantaranya yang saya sediakan dengan menyesuaikan pelaksanaan PAT yang dilaksanakan secara online :

Sedangkan bagi Bapak/Ibu Guru Mata Pelajaran, kami juga akan menyediakan berbagai format serta contoh soal dan pembahasannya, namun masih terbatas untuk mata pelajaran matematika umum dan peminatan, diantaranya :
1.  Format Kisi-kisi Penulisan Sola
2.  Format Kartu Soal
3.  Format Kunci Jawaban
4.  Format Pedoman Penskoran
5.  Format Daftar Nilai PAT berbasis Excel

(Bagian ini mohon maaf belum saya update berhubung dengan kesibukan di sekolah. Mohon untuk dimaklumi.)

Selain itu juga, para pengunjung dapat mengakses dan mendownload contoh soal dan pembahasan PAT mata pelajaran Matematika, agar Bapak/Ibu tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing sekolahnya.

Apabila dirasa bermanfaat silahkan untuk dipergunakan dengan tetap menyesuaikan dengan kondisi di tempatnya masing-masing. Sebab, tentunya akan berbeda sekali karakteristik peserta didik di tempat saya mengajar dengan karakteristik peserta didik di tempat mengajar bapak/Ibu semuanya.
Previous
Next Post »
0 Komentar