[DOWNLOAD] BAHAN PERSIAPAN MATERI UNBK SMP/MTs 2018/2019 (Bagian 1)


Bahan Persiapan Materi UNBK SMP/MTs (Bagian 1) - Pembaca yang budiman, dalam postingan hari ini, Penulis akan membahas terkait Bahan Persiapan Materi UNBK SMP/MTs 2018/2019.

Bersumber dari situs unbk Kemendikbud, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau yang disebut dengan Computer Based Test (CBT) adalah suatu sistem evaluasi Ujian Nasional yang media ujiannya bukan berbasis kertas melainkan komputer.

Pelaksanaannya pun sudah berbeda dengan ujian nasional berbasis kertas dan pensil, baik dari segi waktu pelaksanaannya, sistem pembagian ruangannya, dan lain sebagainya.

SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) merupakan tempat pertama kali diselenggarakannya UNBK pada tahun 2014 secara online atau berbasis UNBK. Hasil penyelenggaraan UNBK di kedua sekolah tersebut cukup sukses dilaksanakan dan semakin mendorong Kemendikbud untuk melaksankannya di dalam negeri dalam rangka meningkatkan literasi siswa terhadap TIK di masa yang akan datang. 

Rintisan UNBK di dalam negeri mengikutsertakan sebanyak 556 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 379 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri sebagai rintisan awal. Sedangkan pada tahun 2016 dilaksanakan UNBK dengan yang penyelenggaraanya diikuti oleh sebanyak 4382 sekolah yang tediri dari 984 SMP/MTs, 1298 SMA/MA, dan 2100 SMK. 

Pada tahun 2017 sekolah yang mengikuti UNBK melonjak menjadi 30.577 sekolah yang terdiri dari 11.096 SMP/MTs, 9.652 SMA/MA dan 9.829 SMK. Kenapa jumlah sekolah yang mengikuti UNBK berkembang pesat?

Hal ini dilatarbelakangi oleh kebijakan dari Kemendikbud terkait resources sharing yaitu membolehkan sekolah yang masih terbatas sarana komputernya melaksanakan UNBK di sekolah lain yang sarana komputernya sudah memadai.

Saat ini penyelenggaraan UNBK masih menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat ke server lokal (sekolah) melalui jaringan (sinkronisasi). Kemudian pelaksanaan ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline.

Selanjutnya hasil ujian yangtelah dilaksanakan oleh siswa dikirim kembali ke server pusat secara online (upload) dari server lokal (https://unbk.kemdikbud.go.id/tentang#content).

Berdasarkan grafik di atas, kita harus merasa bersyukur karena begitu sangat menggembirakan dan kita berdoa dan berharap ke depannya semakin banyak sekolah khususnya jenjang SMP/MTs/Sederajat yang menyelenggarakan UN dengan berbasis komputer.

Sebagaimana judul di atas, pada postingan ini Penulis ingin menyajikan berbagai file yang sangat membantu untuk persiapan UNBK tahun pelajaran 2018/2019 baik berupa administrasi penyelenggaraan, materi-materi ringkas khususnya mata pelajaran Matematika, soal-soal latihan, dan lain-lain.

Maka dari itu, silahkan pembaca yang berminat terhadap file-file di atas dapat berkunjung ke blog sederhana inpada bagian keduanya.

Demikian postingan hari ini, mudah-mudahan informasi yang terkait Bahan Persiapan Materi UNBK SMP/MTs (Bagian 1) bermanfaat bagi kita semuanya.
Previous
Next Post »