Sintak Problem Based Learning (PBL)

model pembelajaran problem based learning pbl

Sintak Problem Based Learning (PBL) - Para pengunjung Blog Pak Ipung, konsep dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tiada lain yaitu model pembelajaran yang dirancang agar peserta didik mendapat pengetahuan penting yang membuat mereka mahir dan terampil di dalam memecahkan suatu permasalahan yang diberikan. Mereka akan memiliki model belajar sendiri sehingga ketika mereka berpartisipasi dalam suatu tim/kelompok mereka memiliki gaya khasnya masing-masing.

Pada pembelajaran berbasis masalah ini, peserta didik akan tertantang untuk “belajar bagaimana belajar”, dan bekerja secara berkelompok sehingga mereka dapat berkolaborasi untuk mencari solusi dari permasalahan dunia nyata.

Adapun urutan proses pembelajaran atau sintaks dari pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah sebagai berikut.

Mengorientasi peserta didik kepada suatu masalah
Pada tahap ini, guru menjelaskan tujuan pembelajaran, proses pembelajaran, dan memotivasi peserta didik terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih agar peserta didik dapat memhami suatu masalah.

Mengorganisasikan belajar dari peserta didik
Guru membantu peserta didik mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, dll)

Membimbing penyelidikan secara individu maupun berkelompok
Guru membantu peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, dan pemecahan masalah

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya peserta didik
Guru membantu peserta didik dalam merencanakan serta menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah yang dilaksanakan peserta didik
Guru membantu peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang  digunakan.

Sumber : Berbagai referensi internet
Previous
Next Post »
0 Komentar