ADMINISTRASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) 2020

 
Administrasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan kegiatan rutinitas yang biasa dilakukan oleh setiap satuan pendidikan mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan menengah.
Kegiatan yang biasa di mulai sejak Bulan Mei ini sangat menyita perhatian, tidak hanya Bapak/Ibu Guru yang ada di sekolah namun juga para pemangku kebijakan yang ada di birokrasi pemerintahan.

Karena kegiatan yang rutin setiap tahun, dibutuhkan informasi yang sangat jelas dan tidak ambigu, agar pihak-pihak yang terkait khususnya para orang tua tidak ada yang merasa dirugikan. Sebab, para orang tua akan rela melakukan yang terbaik agar puteranya bisa memasuki sekolah yang diimpikan.

Untuk menjawab hal tersebut, untuk jenjang SMA/SMK dan SLB yang notabene sudah berada di bawah wewenang pemerintah provinsi, sudah jauh-jauh hari melaksankan tahapan-tahapan yang diperlukan untuk kegiatan PPDB Tahun 2020 ini.

Persiapan itu terdiri dari bentuk sosialisasi payung hukum PPDB, infografis, video sosialisasi, slide presentasi, dokumen-dokumen, baligo maupun spanduk-spanduk.

Provinsi Jawa Barat sendiri, melalui dinas terkait, yakni Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang saat ini dikepalai oleh Ibu Ir. Dewi Sartika, M.Sc. telah menyebarkan media sosialisasi terkait Administrasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 melalui cabang dinas yang berjumlah 13 cabang dinas terkait dengan pelaksanaan PPDB SMA/SMK/SLB untuk wilayah Jawa Barat.

Hal ini dimaksudkan agar masyarakat lebih siap mempersiapkan diri yang akan mendaftarkan putera-puterinya ke sekolah-sekolah yang menjadi impiannya. Dalam peraturan yang sudah keluar, hal penting yang harus diingat adalah kondisi negara kita saat ini yang sedang menghadapi pandemik Covid-19.

Agar lebih jelas, silahkan Bapak/Ibu Guru yang kebetulan menjadi Panitia PPDB di sekolahnya masing-masing bisa mendownload materi sosialisasi terkait Administrasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 tersebut.

Infografis


Video


Audio-Radio

Spot Iklan Radio - Jadwal PPDB Monolog
Spot Iklan Radio - Versi Kuis
Spot Iklan Radio - Versi Social Distancing

Slide Presentasi


Dokumen PPDB


Contoh Baligo


Contoh Spanduk


Nah, bagaimana Bapak/Ibu, sudah lengkapkah Administrasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 yang ada di sekolah Bapak/Ibu? Apabila belum, silahkan dilihat dan kita pelajari materi yang ada di dalam bahan sosialisasi di atas. Agar kita sebagai panitia bisa memahaminya lebih mendalam dan nantinya tidak terjadi masalah yang besar akibat tidak memahami mekanisme PPDB tahun 2020.

Perbedaan dengan tahun 2019 sudah tersedia di atas. Apabila boleh berpendapat, menurut hemat saya, PPDB Tahun 2020 tantangannya sangat besar karena menuntut kegiatannya serba digital. 

Saya do'akan bapak/Ibu selalu sehat dan selalu menjalankan protokal kesehatan yang telah diperintahkan oleh Pemerintah terkait Pandemi Covid-19 ini. Selalu cuci tangan, hidup bersih, tetap di rumah, pakailah masker jika terpaksa keluar rumah, jaga jarak dengan orang lain, tidak bersentuhan dan hindari kerumumunan massa.

Demikian ppostingan saya kali ini terkait Administrasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020, terima kasih sudah berkunjung dan mudah-mudahan bermanfaat serta tak lupa nantikan postingan-postingan saya selanjutnya.
Previous
Next Post »
0 Komentar