e-LEARNING MATEMATIKA PEMINATAN KELAS X PERTEMUAN 1 MATERI PERSAMAAN EKSPONEN


PENDAHULUAN

A. Deskripsi

Modul bahan ajar ini merupakan pelengkap dari buku Matematika kelompok umum kelas X dan dibuat dengan tujuan agar Anda dapat mempelajarai materi-materi yang disajikan dalam buku tersebut dengan baik.

Dalam modul ini disediakan informasi, panduan, contoh soal, soal latihan dan uji kompetensi yang harus dilalui.

Pelajaran Matematika yang disajikan dalam modul matematika kelompok umum kelas X semester 1 ini merupakan mata pelajaran harus dikuasai oleh setiap siswa SMA, hal ini dikarenakan konsep matematika ini menjadi dasar bagi Anda untuk menguasai materi lain.

Penyajian materi-materi dalam modul ini umumnya diawali dengan pengantar materi yang mengambil dari permasalahan sehari-hari atau manfaat mempelajari konsep setiap kompetensi dasarnya.

Selanjutnya Anda dituntut untuk menguasai konsep dari setiap kompetensi dasar tersebut untuk memecahkan setiap permasalahan yang disajikan dalam modul ini.

Modul bahan ajar ini merupakan pelengkap dari buku-buku yang pernah ada tentang buku teks matematika kelompok umum kelas X semester 1, modul ini dibuat dengan tujuan agar Anda dapat mempelajarai materi-materi tersebut dengan baik.

B. Prasyarat

Materi yang akan Anda pelajari pada modul ini sebagian besar pernah Anda pelajari pada jenjang sebelumnya (SMP) dan sebagian lagi marupakan materi baru pengembangan dari materi SMP.

Pada jenjang SMP Anda pernah mempelajari tentang materi persamaan linear, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV), Persamaan dan fungsi Kuadrat.

Sedangkan materi baru yang akan Anda pelajari pada modul ini antara lain nilai mutlak yang merupakan pengembangan dari persamaan linear, Sistem pertidaksamaan dua variabel yang merupakan pengembangan dari persamaan linear dan persamaan kuadrat serta fungsi kuadrat.

C. Panduan Belajar

Secara rinci, materi yang akan Anda pelajari pada mata pelajaran matematika kelompok wajib Kelas X semester 1 ini sebagai berikut.

Materi-materi tersebut akan mengantarkan Anda dapat menguasai kompetensi, baik kompetensi pengetahuan, keterampilan serta sikap terkait kemampuan memecahkan masalah menggunakan prinsip dan aturan dala matematika sesuai tuntutan pada kurikulum 2013.

D. Tujuan Akhir

Setiap kegiatan pembelajaran baik pembelajaran secara mandiri maupun pembelajaran tatap muka akan mendapatkan porsi penilaian untuk setiap aspek penilaian, adapun rubrik penilaian untuk setiap kompetensi dasar adalah sebagai berikut.

Aspek : Pengetahuan
Tugas Mandiri      : 30 %
Tugas Kelompok  : 20 %
Diskusi                 : 20 %
Uji Kompetensi Dasar : 30 %

Aspek Keterampilan
Tugas Mandiri      : 30 %
Tugas Kelompok  : 50 %
Diskusi                 : 20 %

Diharapkan Anda aktif berpartisipasi dalam setiap kegiatan pembelajaran, baik kegiatan diskusi, pembelajarn mandiri, kegiatan tatap muka, penugasan serta kegiatan penilaian kompetensi dasar.

Selamat belajar, semoga modul ini dapat membantu dan meningkatkan penguasaan Anda dalam menguasai materi matematika kelompok waji kelas X semester 1 sesuai yang telah ditetapkan di dalam kurikulum 2013.

MATERI 1 : PERSAMAAN EKSPONEN

Selamat datang di modul pembelajaran mandiri Blog Pak Ipung, pada kegiatan pembelajaran Kompetensi Dasar 3.1 dan 4.1 ini, kita akan mempelajari materi tentang Persamaan Eksponen.

Tujuan Pembelajaran

Untuk mencapai tujuan pembelajaran mandiri di atas silahkan Anda pelajari ringkasan materi pada modul mandiri ini dengan cara mengunduhnya pada tautan link di bawah ini.


Selain itu, pembahasan dalam bentuk video dapat kalain saksikan pada video di bawah ini.


Penilaian Pembelajaran

1.  ...
2.  ...

Tindak Lanjut Pembelajaran

Setelah Anda mempelajari materi diatas, untuk lebih mendalami dan menguasai materi yang berkaitan dengan Persamaan Eksponen silahkan Anda buka dan pelajari Buku ...

Previous
Next Post »
0 Komentar