Download Latihan Soal PTS Matematika Peminatan 2020

Download Latihan Soal PTS Matematika Peminatan 2020 - Pada kesempatan ini, tidak terasa semester ganjil sudah berjalan selama setengah semester. Itu artinya, berdasarkan kalender pendidikan tahun pelajaran 2020/2021 (download di sini) yang berlaku sudah memasuki masa-masa Penilaian Tengah Semester (PTS).

Penilaian Tengah Semester (PTS) adalah penilaian hasil belajar peserta didik yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan dalam bentuk tes tertulis baik berupa pilihan ganda maupun soal uraian. Penilaian ini dilaksanakan untuk mengetahui kemajuan belajar peserta didik selama setengah semester.

PTS termasuk ke dalam pendekatan penilaian sebagai assesment of learning, artinya penilaian ini dilakukan oleh guru setelah proses pembelajaran selesai, namun tidak terbatas di akhir semester atau akhir tahun saja, tetapi pengakuan guru terhadap selesainya proses pembelajaran.

Pada masa pandemi ini, kita sebagai guru dituntut untuk lebih kreatif dalam melaksanakan penilaian meskipun harus dilaksanakan melalui media internet. Kita bisa menggunakan Quizizz, Kahoot, Google Form, dll. Namun yang akan saya bahas di sini hanyalah Download Latihan Soal PTS Matematika Peminatan 2020 dalam bentuk konvensional.

Bapak/Ibu bisa memodif dan mengekspor ke media online lain karena file di bawah berbentuk Ms. Word agar bisa diedit menyesuaikan dengan kebutuhan Bapak/Ibu.

Yang pertama adalah kita harus menyusun kisi-kisi penulisan soal terlebih dahulu. Format yang saya gunakan bisa Bapak/Ibu lihat seperti uraian di bawah ini. Terlihat oleh kita formatnya ada identitas satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas, kurikulum acuan, alokasi waktu, jumlah soal, dan nama penulis soal. Selain itu terdapat juga pasangan KD, materi yang akan diujikan, indikator soal

Kisi – Kisi & Instrumen Penulisan Soal

Satuan Pendidikan : SMAN 27 Garut
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : X MIPA 1 & X MIPA 2
Kurikulum acuan : Kurikulum 2013
Alokasi Waktu : 60 menit
Jumlah Soal            : 4 butir soal
Penulis                    : Ipung Saepulrohman, S.Pd

Pasangan Kompetensi Dasar
3.1  Mendeskripsikan dan menentukan penyelesaian fungsi eksponensial dan fungsi logaritma menggunakan masalah kontekstual, serta keberkaitannya
4.1  Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponensial dan fungsi logaritma

Materi
•  Konsep Eksponen
•  Persamaan Eksponen
•  Penerapan Fungsi Eksponen
•  Grafik Fungsi Eksponen

Indikator Soal
•  Membuat model matematika yang berkaitan dengan fungsi eksponensial
•  Menentukan penyelesaian persamaan eksponen dengan menggunakan sifat-sifat persamaan eksponen
•  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponensial
•  Menggambarkan grafik fungsi eksponen

Bentuk Soal
Uraian

Instrumen Soal

1.  Populasi ayam di suatu peternakan adalah 100 ekor. Setiap bulan populasi naik 20%. Jika dimisalkan jumlah populasi semula Jo, persentase kenaikan populasi setiap bulan adalah p% dan jumlah populasi dalam n waktu adalah Jn, tulislah model matematika fungsi eksponen untuk masalah di atas !

2.  Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan eksponen di bawah ini !
        a.  2^x = 8
        b.  (1/8)^x = 8

3.  Massa y gram suatu radioaktif yang mengalami penyusutan dalam t tahun ditetukan oleh rumus
       Hitunglah massa y mula-mula apabila t = 0 !

4.  Disajikan tabel pembantu berikut!
    Isilah titik-titik di atas kemudian lukislah grafik fungsi eksponensial f(x) = 2^x !

Nah, itu sedikit gambaran bagi Bapak/Ibu Download Latihan Soal PTS Matematika Peminatan 2020, silahkan untuk kisi-kisi penulisan soal, kartu soal, pedoman penskoran dan naskah soal dapat didownload di sini. 
Previous
Next Post »
0 Komentar