CARA AGAR SISWA AKTIF BERTANYA


Cara Agar Siswa Aktif Bertanya - Selamat malam para pengunjung setia Blog Pak Ipung di mana saja berada. Alhamdulillah pada kesempatan kali ini, saya bisa menerbitkan kembali postingan di blog ini terkait Cara Agar Siswa Aktif Bertanya ketika seorang guru melaksanakan pembelajaran di kelas.

Ini merupakan kejadian saya di salah satu kelas yang saya ampu ketika sekolah kami sudah mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Entah karena keterampilan bertanya saya yang kurang baik karena hampir setahun lebih tidak mengajar di depan kelas atau memang para siswa saya yang masih malu-malu kucing dalam berinteraksi di dalam pembelajaran.

Entahlah,,,

Rasa penasaran saya kemudian menggerakkan tangan saya ini untuk berselancar ria mencari jawaban bagaimana caranya agar siswa aktif bertanya. Sebagai guru tentunya saya harus mencari ilmu baru, jika teknik saya sebelumnya masih belum mempan di dalam mengaktifkan siswa saya dalam bertanya.

Artikel pertama yang saya temukan ditulis oleh Mohammad Tohir yang berjudul "Menjadikan Para Siswa Aktif Bertanya dalam Kegiatan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013". Beliau merupakan Mahasiswa S2 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember dan juga penulis buku Matematika SMP Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kemdikbud RI.

Intisari yang saya dapat dalam artikel tersebut bahwa pendekatan saintifik dalam Kurikulum 2013 salah satu alasannya untuk meningkatkan kemauan dan kemampuan bertanya para siswa di kelas. Ternyata pada tahap kegiatan bertanya banyak dikeluhkan oleh para guru terkait minimnya kemampuan bertanya siswa.

Dalam artikelnya tersebut, beliau memberikan sedikit kupasan tentang bagaimana caranya agar dalam melakukan kegiatan bertanya para siswa dapat aktif mengikutinya.

Beliau menyarankan sembilan hal apa yang seharusnya dilakukan oleh seorang guru. Pertama, kenalkan suatu fenomena yang menarik dimana siswa belum pernah mengenalinya.

Kedua, guru memberikan kata atau serangkaian kata kepada siswa mereka harus membuat kalimat yang memuat kata-kata tersebut. Contohnya seperti buatlah pertanyaan yang memuat kata-kata "jarak" pada konsep nilai mutlak.

Ketiga, guru memberikan contoh pertanyaan pancingan terhadap siswa ketika guru ingin siswa aktif bertanya.

Keempat, dalam tahapan kegiatan mengamati dan bertanya, guru membentuk kelompok dimana kelompok tersebut harus mampu membuat minimal satu pertanyaan.

Kelima, guru meminta siswa siswa untuk bekerja dalam kelompok yaitu membuat beberapa pertanyaan kemudian mereka bersepakat untuk memilih satu pertanyaan yang layak untuk diajukan.

Keenam, guru berpura-pura tidak mengetahui terhadap apa yang sedang diamati oleh siswa sehingga menayakan sesuatu tersebut etrhadap siswa.

Ketujuh, kita sebagai guru dapat memberikan tugas kepada siswa untuk melengkapi pertanyaan yang dimulai dengan kata-kata "Bagaimana kalau ...” atau kata-kata "Bagaimana kalau tidak ...”.

Sumber lebih lengkap bisa dibaca pada tautan ini.

Kedelapan, setiap pagi di awal pembelajaran, guru meminta siswa untuk menuliskan pertanyaan. tentunya pertanyaan yang diajukan siswa relevan dengan materi yang akan dibahas dan ini butuh keterlibatan guru untuk memastikan pertanyaan yang diajukan siswa relevan dengan amteri yang akan dibahas.

Kesembilan, memberikan penghargaan (reward) bagi siswa yang telah berani untuk bertanya, baik dari segi jumlah pertanyaannya maupun kualitas pertanyaannya.

Cara agar siswa aktif bertanya yang lainnya dikemukakan oleh Suci Aristanti. Beliau ini merupakan seorang mahasiswa Pendidikan Agama Islam UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Beliau menyarankan agar para guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) sebagai cara agar siswa aktif bertanya.

Model pembelajaran ini sangat unik dikarenakan setiap siswa di kelompoknya yang berjumlah 4 orang mengenakan nomor yang berbeda di kepalanya. Langkah-langkah model pembelajaran ini bisa dibaca pada tautan ini.

Model pembelajaran ini melalui langkah-langkah kegiatan yang dilakukan dapat menjadi solusi Cara Agar Siswa Aktif Bertanya sehingga diyakini dapat memancing siswa agar kreatif bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan.

Namun perlu diketahui sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu dihindari ketika kita berada di posisi yang mengajukan pertanyaan kepada siswa. Apa saja itu ?

Pertama, kita menjawab pertanyaan yang diajukan oleh kita sendiri. Kedua, kita mengulang jawaban yang diberikan peserta didik. Ketiga, kita sebagai guru mengulang-ulang pertanyaan yang diajukan oleh kita sendiri. Terakhir, kita mengajukan pertanyaan yang dimungkinkan pertanyaan tersebut dapat memberikan jawaban serentak dari para siswa.

Selain itu, kita juga jangan menentukan siswa terlebih dahulu yang harus menjawab sebelum bertanya. Hal ini akan mengakibatkan siswa tersebut tidak memiliki waktu untuk berfikir untuk memberikan jawaban, bahkan siswa lain menjadi tidak memperhatikan terhadap pertanyaan yang kita ajukan.

Demikian postingan saya kali ini terkait Cara Agar Siswa Aktif Bertanya. Mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca semuanya. Apabila dipraktikkan perlahan-lahan, maka siswa kita akan aktif bertanya melebihi apa yang kita harapkan. Semoga.

Previous
Next Post »