Belajar Matematika: 7 Tips Ampuh untuk Menguasai Matematika dalam Waktu Singkat


Selamat datang, sahabat Blog Pak Ipung! Matematika atau ilmu menghitung adalah salah satu mata pelajaran yang sangat tidak disukai dan dijauhi oleh sebagian orang ya. Hal ini mungkin karena matematika sangat rumit untuk dipahami. Kadang-kadang pengajarnya juga yang kurang mahir dalam menjelaskan konsep-konsep matematika. Bahkan bagi sebagian orang, tingkat kesulitan dalam menyelesaikan matematika biasanya sudah sampai membuat orang muntah dan sakit kepala. 

Tak mengherankan banyak siswa yang bermimpi masuk jurusan sosial atau humaniora hanya karena ingin menghindari matematika. Namun sayangnya, bahkan di dalam jurusan sosial dan humaniora pun kita masih harus menghadapi matematika dan statistika untuk bisa lulus. 

Pada akhirnya, suka tidak suka kita harus tetap belajar matematika. Tapi jangan putus asa dan menyerah dulu, ya! Meskipun dianggap sebagai pelajaran terberat dan membingungkan, pelajaran matematika tetap bisa dikuasai jika tahu cara yang benar. Oleh karena itu, berikut ini kami berikan tips belajar matematika yang efektif. 

1. Ubahlah Pola Pikir Kamu 

Salah satu alasan mengapa banyak orang merasa matematika itu sulit untuk dipelajari adalah karena mereka sudah memiliki asumsi negatif sejak awal. Padahal, ada banyak konsep dan soal matematika yang sejatinya mudah dipahami. 

Untuk bisa menguasai matematika dengan cepat, kamu harus menjadikan proses belajar sebagai sesuatu yang menyenangkan. Saat menyelesaikan soal, anggaplah kamu sedang bermain tebak-tebakan dengan jawaban soal tersebut. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa tertekan atau bersalah jika kamu membuat kesalahan. Malah, kamu akan lebih termotivasi untuk menemukan jawaban yang benar. 

2. Pahami Konsep dan Rumus 

Kebanyakan orang sering melakukan kesalahan dalam belajar matematika karena mereka hanya mengandalkan hafalan rumus. Setiap orang memiliki kapasitas ingatan yang berbeda, suatu saat kamu akan kehilangan ingatan tentang rumus apa saja yang telah kamu hafal. Berbeda jika kamu bisa memahami konsep rumus tersebut tanpa harus melihat buku, kamu dengan mudah bisa menjawab soal apapun. 

Bahkan, dengan memahami suatu persamaan matematika, kamu bisa membuat rumus-rumus sendiri atau cara cepat untuk menyelesaikan soal matematika. Jadi, seberat apapun soal matematika yang kamu hadapi, dengan memahami konsep dasar matematika, kamu bisa menyelesaikannya. 

3. Berlatih Bersama 

Menyelesaikan soal matematika secara berulang atau drilling bisa menjadi hal yang sangat asyik jika kita bisa melakukannya. Kita akan merasa senang ketika kita menemukan jawaban yang benar dan tahu bahwa kita tidak salah. Namun, kita juga bisa merasa kesal jika kita tidak bisa menemukan jawaban atau jawaban kita ternyata salah dan jauh dari penyelesaian yang sebenarnya. 

Oleh karena itu, salah satu cara untuk membuat matematika menjadi lebih dekat adalah dengan berlatih bersama teman. Carilah teman yang pandai dalam matematika dan ajaklah dia untuk berlatih bersama. Dengan begitu, kalian akan menjadi lebih akrab. Selain itu, kamu juga akan lebih mudah menemukan jawaban sehingga matematika menjadi lebih menyenangkan. 

4. Catatan yang Rapi 

Selain memperhatikan pelajaran, catatan juga merupakan salah satu faktor penting untuk bisa menguasai matematika dengan mudah dan cepat. Catatan yang indah dan rapi akan membuatmu nyaman untuk belajar. 

Selain itu, kerapihan catatan juga membantu kamu untuk lebih cepat mengerti atau mengingat pelajaran. Jika catatanmu berantakan, kamu akan langsung bosan belajar dan bahkan langsung pusing ketika melihat catatan yang tidak tertata rapi. 

5. Berani Bertanya 

Jika kamu ragu untuk bertanya, kamu hanya akan terhenti di tempat. Matematika adalah proses yang rumit. Kamu tidak akan menemukan jawaban atau melanjutkan soal ke tahap selanjutnya jika kamu tidak mengerti dasar atau melewati langkah tertentu. Jika kamu bingung sekali, maka akan sangat susah untuk mengejar ketinggalan. 

Oleh karena itu, kamu harus berani untuk bertanya sampai jelas. Bertanya tidak akan membuatmu tampak tolol, malah bertanya menunjukkan bahwa kamu sungguh-sungguh mendengar dan memperhatikan. 

6. Aktif di Kelas 

Selain bertanya, hal kecil yang bisa membuatmu lebih mengerti dan menyukai matematika adalah dengan aktif menjawab. Meskipun salah, guru yang baik akan memberikan kamu pujian. Dengan pujian tersebut, semangatmu akan semakin berkobar dan kamu lebih rajin. 

Dengan cara ini, matematika menjadi pelajaran yang asyik untukmu. Namun, jangan lupa untuk memberikan kesempatan bagi teman-teman lainnya untuk bertanya atau menjawab pertanyaan. Untuk mendapatkan perhatian lebih dari gurumu, kamu bisa duduk di depan. 

7. Ulangi dan Konsisten 

Setelah pelajaran selesai, biasanya kamu akan menutup buku catatan dan melupakan pelajaranmu. Sayang sekali, hal tersebut bukanlah pilihan yang cerdas. Belajar matematika merupakan suatu proses berkelanjutan. Jika sudah mengerti, pastikan untuk kadang-kadang mengulang konsep-konsep dasar. 

Pada intinya, setiap konsep dan teori dalam matematika saling berkaitan. Semakin kamu sering mengulang, maka semakin mudah untuk mengerti konsep lainnya. Jika kamu saja tidak pernah belajar dan mengulang hal-hal dasar, bagaimana kamu bisa mengharapkan mudah dalam mempelajari matematika? 

Nah, bagaimana tipsnya? Itulah 7 tips belajar matematika yang ampuh. Bagikan pendapatmu di kolom komentar di bawah ini ya. Terimakasih sudah membaca hingga selesai. 

Salam dan Bahagia.

Latest
Previous
Next Post »
3 Komentar
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus
This comment has been removed by the author. - Hapus
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus