KUMPULAN PERMENDIKBUD TAHUN 2016 KURIKULUM 2013

kumpulan permendikbud terbaru

Kumpulan Permendikbud Tahun 2016 Kurikulum 2013 - Selamat sore para pengunjung yang berbahagia, Kurikulum 2013 memang sudah berjalan sejak lama. Namun, pada kesempatan ini, Penulis masih ingin berbagi file peraturan-peraturan yang berhubungan dengan Kurikulum 2013 yang sudah diberlakukan sejak 2 tahun ke belakang untuk pembelajaran di sekolah tempat Penulis mengajar. Ada sekitar 5 peraturan terkait Kurikulum 2013 yang terbaru. Adapun peraturan tersebut disajikan melalui link yang disediakan.

1. Permendikbud No. 20/2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah beserta lampirannya.

2. Permendikbud No. 21/2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah beserta lampirannya.

3. Permendikbud No. 22/2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah beserta lampirannya.

4. Permendikbud No. 23/2016 tentang Standar Penilaian.

5. Permendikbud No. 24/2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar beserta lampirannya.

Kelima peraturan di atas saling berkaitan satu sama lainnya dalam upaya revisi Kurikulum 2013 yang saat ini sedang diterapkan di beberapa sekolah. Dalam artian, kelima peraturan menteri tersebut merupakan landasan yuridis atau landasan hukum dalam rangka penerapan kurikulum 2013 yang telah direvisi dan mudah-mudahan ini menjadi angin segar bagi dunia pendidikan di Indonesia untuk bisa sejajar dengan negara-negara lain di dunia.

Ujung tombak dari itu semua adalah guru yang terlibat aktif dengan peserta didik secara langsung. Sehebat dan seideal apapun kurikulum yang digunakan di suatu negara akan sia-sia tatkala guru sebagai pelaksana di lapangan tetap kaku, tidak berfikir jernih terhadap perubahan dan sudah nyaman dengan sistem pembelajaran sebelumnya.

Demikian yang dapat Penulis postingkan, mudah-mudahan apa yang disajikan bermanfaat bagi para pembaca semuanya dan disadari akan banyak kekurangan dari postingan ini. Maaf dari saya yang sebesar-besarnya.
Previous
Next Post »
0 Komentar