ADMINISTRASI USBN TINGKAT SMA


Administrasi USBN Tingkat SMA - Selamat siang para pengunjung semuanya, pada postingan kali ini penulis ingin membagi administrasi USBN tingkat SMA. Sebelum menuju file-file yang akan didownload tersebut alangkah baiknya kita cermati pengertian-pengertian istilah yang akan dibahas.

Situs wikipedia menuliskan bahwa, administrasi merupakan usaha atau kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan, mungkin agar berjalan rapi dan sesuai dengan yang direncanakan.


Situs tersebut juga menuliskan terkait pengertian dalam arti sempit bahwa "Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan yang meliputi: catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan".


Seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dan dalam proses pelaksanaannya memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada secara berdaya guna dan berhasil guna merupakan pengertian administrasi secara luas. Pengertian tersebut dapat dilihat di https://id.wikipedia.org/wiki/Administrasi.


USBN merupakan singkatan dari Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang merupakan kegiatan pengganti Ujian Sekolah (US) untuk tahun-tahun sebelumnya.

Bapak Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, dalam soal-soal USBN  pembuat soal harus menambahkan materi soal berupa soal essay/uraian yang mana materi pembuatan soalnya akan diserahkan kepada pemerintah provinsi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan pemerintah kota/kabupaten untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Namun, pemerintah pusat akan menyisipkan beberapa pertanyaan, baik berupa pilihan ganda atau essai yang berfungsi sebagai indikator standar nasional. Selama ini, materi soal UN hanya berupa pilihan ganda dan dibuat sepenuhnya oleh pemerintah pusat (https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/2016/12/01/ini-perbedaan-un-dan-usbn-386516).

Berdasarkan pengalaman saya ketika menjadi panitia USBN, banyak hal yang harus dikerjakan sebelum pelaksanaan kegiatan USBN. Dalam masalah administrasinya saja, banyak poin yang harus dikerjakan dan hal itu terkadang tidak cukup diselesaikan dalam satu atau beberapa hari saja.

Apalagi bagi sekolah yang baru pertama kali menyelenggarakan kegiatan USBN di sekolahnya, kerepotannya itu sangat menyita waktu.

Sebagai rasa syukur, melihat situasi tersebut saya berkeinginan utnuk berbagi file dan kebetulan sudah digunakan untuk kegiatan USBN tahun sekarang dan alhamdulillah tidak ada kendala apapun dalam masalah administrasinya.


Berikut daftar file administrasi USBN tingkat SMA yang  bisa didownload oleh pengunjung semuanya.
No.
Nama File
Link Download
1
Analisis Butir Soal USBN
2
Berita Acara Pelaksanaan USBN Tulis
3
Berita Acara Pemeriksaan USBN tulis
4
Buku Kejadian USBN
5
Buku Tamu
6
Cover Amplop LJUSBN
7
Cover Amplop Soal
8
Daftar Hadir Panitia USBN
9
Daftar Hadir Pemeriksa LJUSBN
10
Daftar Hadir Pengawas USBN
11
Daftar Nilai USBN
12
Daftar Pemeriksa LJUSBN
13
Daftar Penyerahan dan Pengembalian Amplop Soal
14
Daftar Penyerahan Lembar Jawab
15
Denah Duduk
16
Denah Ruang
17
Jadwal Mengawas USBN
18
Jadwal USBN
19
Juknis USBN SMA
20
Laporan Pemeriksaan USBN
21
Larangan USBN (Poster)
22
Nomor Ruang
23
Pedoman Penskoran USBN
24
Pengaturan Ruang Peserta USBN
25
Surat Tugas Pengawasan
26
Tata Tertib Pengawas USBN
27
Tata Tertib Peserta USBN
Previous
Next Post »