MATERI MATEMATIKA SMA DIFERENSIAL (TURUNAN)


Materi Matematika SMA Diferensial (Turunan) - Selamat siang anak-anakku kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2, bagaimana kabar kalian hari ini? Baik-baik saja kan? Syukur deh kalau keadaan kita semuanya dalam keadaan sehat. Karena dengan badan kita yang sehat, jiwa kita yang sehat dan pikiran kita yang sehat, maka belajar kita pun akan lancar tanpa hambatan apapun.

Nantinya juga otak kita fresh dan siap menerima materi dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Apapun asal niat dan motivasi kita sekolah harus tetap terjaga dengan baik. Oke deh, pada hari ini materi yang akan kita bahas tentang materi kelas XI Matematika Peminatan Materi Matematika SMA Diferensial (Turunan).

Harus diketahui dulu, turunan fungsi merupakan salah satu hal penting dari tiga topik dalam kalkulus selain limit dan integral. Dan yang akan kita pelajari yaitu konsep turunan suatu fungsi dan cara mengaplikasikan konsep tersebut dalam aplikasi sehari-hari.

Lalu, apa dan bagaimana sebenarnya konsep turunan itu? Nah, pelajari materinya dengan sungguh-sungguh agar segera kita menemukan jawabannya. Nikmati ya materinya..

Turunan Fungsi
Di dalam buku yang berjudul Matematika SMA dan MA untuk Kelas XI Semester 2 Program IPS yang ditulis oleh Sulistiyono, Sri Kurnianingsih dan Kuntarti disimpulkan bahwa turunan fungsi f adalah fungsi lain yang dapat dinotasikan sebagai f’ yang nilainya terdapat pada sembarang bilangan c yaitu :
dengan catatan apabila limit ini ada.

Terhadap setiap anggota f dengan domain D, kita bisa menyebutkan fungsi baru itu sebagai turunan fungsi f dan dapat dinyatakan sebagai :

Ada empat langkah untuk mencari f’(x), yaitu :
1. tentukan terlebih dahulu f(x + h),
2. kemudian hitunglah f(x + h) – f(x),
3. setelah itu bagilah dengan h, sehingga diperoeleh hasil dari 
4. carilah hasil 


Contoh Soal :

Soal Nomor 1

Jika f(x) = 2x – 3 carilah f’(3)

Pembahasan
f(3 + h) = 2(3+h) – 3
= 6 + 2h – 3 
= 3 + 2h

f(3 + h) – f(3) = (3 + 2h) – (2.3 – 3)
= 3 + 2h – 3
= 2h

Jadi, f’(3) = 2

Di bawah ini saya tampilkan pembahasan 
Materi Matematika SMA Diferensial (Turunan), file tersebut silahkan didownload agar bisa dibaca ketika offline atau diprint.



Bagaimana? Sangat mudah kan materinya?? Yaiya lah namanya juga kan belajar, yang tadinya gak bisa, sekarang lebih terkuasai lagi materinya dan ini adalah modal agar lebih paham lagi terhadap materi matematika sma dengan topik lainnya.
Previous
Next Post »
0 Komentar