Profil SMK Negeri 2 Cipatujah


Profil SMK Negeri 2 Cipatujah - Para pembaca yang budiman, postingan kali ini saya ingin berbagi cerita tentang salah satu SMK yang terletak di Tasik Selatan yaitu SMK Negeri 2 Cipatujah.

Perlu diketahui oleh semuanya, SMK Negeri 2 Cipatujah ini merupakan SMK Negeri yang berbasis kemaritiman yang letaknya berada di selatan Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Lebih tepatnya lagi berlokasi di Jalan Jalur Lintas Pantai Selatan Jawa Barat, Pamayangsari Desa Cikawungading Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya.

Adapun masa pendidikan yang berlaku di SMK Negeri 2 Cipatujah ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari kelas X sampai kelas XII, sama seperti masa pendidikan sekolah menengah kejuruan di Indonesia pada umumnya.


Saat ini, sekolah dipimpin oleh Bapak Drs. H. Syarif Hidayat M.Pd yang merupakan pelaksana tugas (Plt) sebab beliau tugasnya adalah pengawas SMK KCD XII Kabupaten dan Kota Tasikmalaya (Pada awal tahun 2020, kepala sekolah mengalami pergantian definitif yaitu dijabat oleh bapak Suryana, M.Pd).

Bagi para siswa yang berada di sekitar Pantai Selatan Garut, Tasikmalaya dan Ciamis dan ingin terjun ke dunia kemaritiman, maka SMK Kemaritiman menjadi salah satu pilihan bidang keahlian yang sangat menjanjikan.

Sehingga, di SMK Negeri 2 Cipatujah, para siswa akan diajarkan, dilatih serta dibimbing untuk mengenali kekayaan sumber daya alam yang dimiliki oleh Pantai Selatan Jawa Barat dan laut Indonesia pada umumnya serta menciptakan siswa yang siap bersaing di dunia industri Indonesia dan Mancanegara.

Jurusan yang tersedia di SMK Negeri 2 Cipatujah baru ada dua, yakni Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) dan Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHP).

Fasilitas yang sudah tersedia baru ada Perpustakaan, Ruang Kelas, Ruang Piket, Ruang Tata Usaha, Ruang Kepala Sekolah, Ruang Wakil Kepala Sekolah, Ruang Guru, Ruang Bimbingan Konseling, Koperasi, Kantin, serta Lapangan Upacara.

Di SMK Negeri 2 Cipatujah banyak sekali kegiatan ekstrakurikuler yang disedaikan untuk menggali potensi peserta didik di laur akademiknya, di antaranya Rohani siswa (Rohis), Palang Merah Remaja (PMR), Pramuka, MPK dan Paskibra.

Bagi warga Tasikmalaya Selatan khususnya dan Garut Selatan, Ciamis serta Pangndaran pada umumnya, tak usah jauh-jauh untuk menyekolahkan anaknya yang sudah lulus SMP, MTs atau yang sederajat untuk melanjutkan ke SMK berbasis kemaritiman.

Kini SMKN 2 Cipatujah siap menerima peserta didik yang berkeinginan kuat untuk menjadi tenaga kerja serta ahli di bidang kemaritiman. Nantinya, mereka akan diajar, dilatih serta dibimbing oleh guru-gurunya yang kompeten dalam bidang keilmuannya masing-masing.

Jadi, jangan ragu-ragu, pilihlah SMK Negeri 2 Cipatujah sebagai sekolah pilihan kalain ya..

Selamat bergabung....
Previous
Next Post »