DOWNLOAD JUKNIS PPDB SMA/SMK JAWA BARAT 2019


Download Juknis PPDB SMA/SMK Jawa Barat 2019 - Hai, hai, hai.... Selamat pagi para pengunjung yang berbudiman, berikut saya akan memberikan informasi mengenai juknis PPDB Tahun 2019 di Provinsi Jawa Barat. Link untuk mendownload berada di akhir postingan.

Sebagaimana dilansir dari https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4548861/ini-aturan-ppdb-sma-di-jawa-barat Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar Dewi Sartika mengatakan bahwa PPDB tahun 2019 tetap merujuk Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018. Bu Kadis Dewi Sartika menuturkan bahwa diperkirakan ada 774.000 lulusan SMP/MTs dan sederajat yang akan mengikuti PPDB untuk tahun pelajaran2019/2020 ini.

Tapi masalahnya, kuota yang bisa ditampung di sekolah negeri hanyalah 34 persen dari calon pendaftar, maka bisa dipastikan sisanya otomatis harus mendaftar ke sekolah swasta.

Perlu diketahui, PPDB tahun 2019 membagi kuota menjadi 3 (tiga) jalur, yakni: jalur zonasi yang besarnya 90 persen, jalur prestasi besarnya 5 persen dan jalur perpindahan dinas orang tua sebesar 5 persen yang mana skema tersebut hampir sama dengan tahun lalu.

Karena PPDB berbasis zonasi, maka di Provinsi Jawa Barat sendiri telah ditetapkan 91 titik zonasi untuk PPDB di 27 kabupaten dan kota. Selain mempertimbangkan jarak, sistem zonasi yang berlaku di Jawa Barat juga memperhatikan ketersediaan sekolah di wilayah tersebut. Untuk penetapan titik zonasinya, hal ini berdasarkan masukan dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) yang ada di berbagai kabupaten.

Seperti pada tahun sebelumnya, pendaftaran PPDB tahun ini tetap menggunakan sistem berbasis online dalam pelaksanaannya yaitu melalui website ppdb.disdik.jabarprov.go.id. Untuk pendaftarannya sendiri akan dimulai dari tanggal 17 sampai 22 Juni 2019.

Tahapan selanjutnya setelah proses pendaftaran yaitu verifikasi administrasi mulai tanggal 24 sampai dengan 26 Juni 2019 dan pengumuman dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2019. Nantinya, pengumuman akan dilakukan oleh sekolah masing-masing secara serentak. Setelah itu, daftar ulang 1 sampai 2 Juli kemudian diakhiri dengan kegiatan MPLS mulai tanggal 16 sampai tanggal 18 Juli 2019.

Para pembaca, selain membahas teknis PPDB Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar juga akan memperketat sistem PPDB Tahun 2019 ini untuk mengantisipasi kecurangan. Kecurangan itu khususnya terkait syarat administrasi.

Seperti dilansir di https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4521785/disdik-jabar-perketat-syarat-administrasi-ppdb-2019 Kadisdik Jabar Dewi Sartika sudah berkomitmen dengan SMA di Jabar tidak melakukan praktik kecurangan dalam pelaksanaan PPDB tahun ini sehingga pihak sekolah harus lebih teliti dalam syarat-syarat PPDB.

Salah satu contohnya dalam masalah sertifikat, mereka yang mengikuti jalur prestasi yang non-akademik ini harus diadakan uji kompetensi lagi. Misalnya memiliki sertifikat Hafiz Alquran, maka di tes kembali, untuk prestasi non akademik lainnya juga harus seperti itu.

Selain itu, untuk mengantisipasi kecurangan dalam sistem zonasi maka akan dilakukan verifikasi di lapangan dengan melihat Kartu Keluarga yang dibawa oleh pendaftar dan nantinya dicocokkan dengan Disdukcapil daerah tersebut. SKTM akan lebih diperketat lagi keasliannya. Nantinya ada yang melakukan pengecekan di lapangan mengenai kebenaran status keluarga siswa tersebut.

Nah, itu mungkin sedikit aturanpentingterkait dengan PPDB 2019 di Jawa Barat, hal ini tiada lain dimaksudkan untuk terselenggaranya PPDB yang lebih baik lagi dari tahun ke tahun. Silahkan para pembaca apabila merasa membutuhkan juknis tersebut bisa mendownload pada tautan di bawah ini.

Link Download Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB SMA/SMK/SLB Tahun 2019 di Jawa Barat

Semoga bermanfaat dan segera mempersiapkan diri khususnya untuk adik-adik SMP/MTs yang akan mengikuti seleksi PPDB tahun ini. Semoga lolos dan diterima di sekolah yang dituju. Amiin.

Selamat berjuang...
Previous
Next Post »