25 SITUS DOWNLOAD LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATEMATIKA

25 Situs Download Lembar Kerja Peserta Didik Matematika

25 Situs Download Lembar Kerja Peserta Didik Matematika - Para pengunjung blog Pak Ipung yang budiman, sebagai guru kita senantiasa harus mempersiapkan proses pembelajaran dengan baik dan terukur sebagai bentuk pelayanan kita terhadap para peserta didik.

Salah satu yang harus kita persiapkan adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). LKPD merupakan salah satu sarana yang dibuat oleh guru dalam rangka membantu dan mempermudah ketika guru tersebut melaksanakan kegiatan pembelajaran. Nantinya, diharapkan terbentuk atau terjadinya interaksi yang efektif antara kita sebagai pendidik dengan murid sebagai peserta didik yang ujung-ujungnya meningkatkan prestasi peserta didik dalam belajarnya di kelas. 

Bapak/Ibu semuanya, menurut Depdiknas LKPD adalah lembaran-lembaran yang berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Biasanya LKPD berupa petunjuk untuk menyelesaikan suatu tugas.

LKPD bermanfaat untuk memudahkan seorang guru di dalam melaksanakan pembelajaran sedangkan bagi peserta didik, adanya LKPD tersebut akan menjadikannya belajar secara mandiri di dalam memahami serta menjalankan suatu tugas yang tertulis.

Sebagai guru mata pelajaran matematika, saya menganggap LKPD ini sangat diperlukan sekali. Namun terkadang waktu yang terbatas, atau bahkan kita yang kerepotan/bingung dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran terkadang LKPD susah untuk dibuat.

Sebenarnya, banyak situs di internet yang menyediakan LKPD untuk dipergunakan oleh kita, baik yang berbayar maupun yang bebas. Sebagai guru tentunya kita akan paham dengan hak cipta artinya ketika kita menggunakan LKPD orang lain maka kita wajib menyesuaikan diri dengan kondisi dari peserta didik kita.

Belum tentu LKPD yang terdapat di internet akan cocok dengan peserta didik kita. Terkadang daripada meningkatkan prestasi belajarnya di kelas, justru itu akan menjadi bumerang yang mengakibatkan kita akan gagal dalam melaksanakan pembelajaran.

Tidak akan berbasa basi lama lagi, berikut saya sajikan 25 Situs Download Lembar Kerja Peserta Didik Matematika yang menyediakan lembar kerja peserta didik khusus mata pelajaran matematika. Silakan Bapak/Ibu eksplor lebih jauh lagi, saya di sini hanya menyediakan alamat situsnya dan keterangan terkait situs tersebut.

1. K 5 Learning (https://www.k5learning.com/)

Situs ini didirikan pada tahun 2011 untuk menyediakan sarana pembelajaran bagi anak-anak K-5. Sejak itu, mereka mengklaim bahwa lebih dari 100 juta orang tua, tutor, dan guru telah mengunjungi situs ini dan mengunduh materi yang tersaji. Mereka berkomitmen akan terus fokus pada penyediaan lembar kerja gratis dan berkualitas tinggi untuk K-5. Mereka mendorong orang tua untuk proaktif dalam membantu anak-anak mencapai potensi akademis mereka sepenuhnya.

2. Math Aids (https://www.math-aids.com/)

Situs ini merupakan sumber daya gratis tempat Bapak/Ibu Guru dapat membuat lembar kerja matematika yang dapat dicetak dalam jumlah tak terbatas untuk digunakan di kelas atau di rumah untuk latihan tambahan.

Fleksibilitas dan kualitas buku teks dari lembar kerja matematika membuat situs ini menjadi sumber yang sangat unik bagi orang-orang yang ingin membuat dan menggunakan Lembar Kerja Matematika.

Semua konten di Math-Aids.Com dapat direproduksi untuk penggunaan kelas atau pribadi. Namun, kita dilarang keras memperbanyak materi ini untuk digunakan di situs web lain, publikasi, atau situs guru.

3. Home School Math (https://www.homeschoolmath.net/)

HomeschoolMath.net adalah situs web yang berisi file gratis yang membantu orang tua, guru, dan tutor untuk mengajar matematika. Di situs ini, Bapak/Ibu Guru dapat:

  • menghasilkan lembar kerja gratis untuk topik matematika mulai dari penambahan kelas 1 hingga persamaan linier.
  • temukan aktivitas interaktif, permainan, dan tutorial yang cocok dengan semua topik umum matematika sekolah dasar dan menengah
  • membaca deskripsi dan ulasan pengguna tentang kurikulum matematika homeschool yang populer
  • baca review pemilik situs tentang produk matematika
  • temukan pelajaran matematika gratis
  • belajar tentang topik penting dalam pendidikan matematika , seperti penggunaan kalkulator & soal kata

Ada satu bagian, yakni Bagian Tips Mengajar yang isinya menampilkan artikel tentang mengajarkan topik matematika tertentu.

4. Workshet Fun (https://www.worksheetfun.com/)

Situs Worksheet Fun menyediakan lembar kerja cetak gratis yang dapat diunduh untuk jenjang Prasekolah, Taman Kanak-kanak, serta Kelas 1, 2, 3, 4 5. 

5. Math Drills (https://www.math-drills.com/)

Math-Drills.com menyertakan lembar kerja matematika PDF dan tersedia dalam berbagai topik termasuk angka, aritmatika, pra-aljabar, geometri, pengukuran, konsep uang, dan banyak lagi. Ada juga beberapa fitur matematika interaktif termasuk permainan matematika Sudoku dan Dots, serta kartu flash matematika yang lebih serius dan pengonversi satuan.

Mereka mengklaim bahwa sebagian besar penggunanya adalah guru kelas, orang tua, atau siswa sekolah rumah. Guru kelas menggunakan lembar kerja matematika dari situs ini untuk menilai penguasaan siswa atas fakta matematika dasar, memberi siswa latihan matematika tambahan, mengajarkan strategi matematika baru, dan menghemat waktu perencanaan yang berharga.

Sedangkan orang tua menggunakan lembar kerja matematika dari situs ini untuk memberikan latihan matematika tambahan kepada anak-anak mereka selama istirahat sekolah atau untuk meningkatkan pendidikan matematika mereka.

Siswa sekolah rumah menggunakan lembar kerja matematika dari situs ini untuk pendidikan sekolah rumah untuk mengembangkan dan memperkuat keterampilan matematika pada anak-anak mereka.

Nah, bagaimana Bapak/Ibu ? Tertarik menggunakan LKPD dari situs-situs yang disebutkan di atas? Mudah-mudahan informasi ini dapat membantu Bapak/Ibu semuanya yang sedang mencari inspirasi atau bahkan ingin mendownload LKPD dari internet.

Beberapa situs lain, insya Allah akan saya share di postingan saya yang lain. Selamat membuat LKPD yang inspiratif, menarik dan berdaya guna dan saya cukupkan sekian dulu.

terimakasih telah membaca postingan saya sampai akhir tentang 25 Situs Download Lembar Kerja Peserta Didik Matematika mudah-mudahan postingan yang akan datang segera cepat terbit kembali.

Previous
Next Post »
0 Komentar