HAKIKAT BAHAN AJAR BERBENTUK E-MODUL


Hakikat Bahan Ajar Berbentuk E-Modul - Para pembaca yang budiman, sebagai seorang guru di dalam membelajarkan siswanya tentunya ada tujuan yang ingin dicapai dan agar tujuannya tersebut tercapai maka harus menggunakan teknik dan strategi pembelajaran yang sesuaidengan kondisi lingkungan sekolah terutama para siswanya.

Salah satu yang berhubungan dengan hal tersebut adalah bahan ajar. Penggunaan media dan sumber belajar bagian dari komponen yang mempengaruhi pembelajaran. Bahan ajar perlu disesuaikan dengan kondisi siswa dan strategi pembelajaran yang digunakan guru. Dari sekian banyak bahan ajar yang tersedia, kita bisa menggunakan elektronik modul atau istilahnya e-modul.

Pemanfaatan dan pemberdayaan e-modul untuk menunjang pembelajaran merupakan suatu keniscayaan antara lain untuk meningkatkan penguasaan materi baik guru maupun peserta didik yang sesuai dengan tuntunan jaman sekarang yang serba elektronik.

Berhasilnya suatu tujuan pendidikan tergantung pada bagaimana proses belajar mengajar yang dialami oleh peserta didik.

Untuk itu diperlukan media yang dapat menimbulkan daya tarik peserta didik dalam menyerap materi. Dari sekian banyak bahan ajar yang tersedia, kita bisa menggunakan elektronik modul atau istilahnya e-modul.

Kegiatan pembelajaran saat ini menekankan pada keterampilan proses dan active learning, maka media pembelajaran menjadi semakin penting (Tejo Nursito, 2011:20). Modul dapat memfasilitasi peserta didik dalam belajar mandiri maupun konvensional.

Modul dilengkapi petunjuk untuk belajar sendiri, sehingga peserta didik dapat belajar sesuai dengan kemampuannya dan dapat memenuhi seluruh kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik.


Modul sendiri adalah suatu alat digunakan dalam kegiatan pembelajaran yang disusun secara sistematis yangterdiri dari materi ajar, metode yang digunakan dalam pembelajaran, cakupan pembelajaran dan bagaimana cara evaluasinya untuk mencapai kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya.

Sesuai dengan karakteristik materi yang akan disampaikan atau dijelaskan kepada siswa, pastilah memerlukan berbagai media, karena bagi siswa untuk memahami materi ini memerlukan abstraksi yang cukup tinggi.

Hakikatnya modul hendaklah menjadi sumber informasi yang mudah di cermati dan digunakan. Pada dasarnya media adalah semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebar ide, gagasan, atau pendapat sehingga ide, gagasan, atau pendapat yang dikemukakan itu sampai kepada penerima yang dituju (Arsyad, 2006:4).

Media yang baik seharusnya adalah media yang cara peggunaannya mudah dioperasikan, instruksi yang disampaikan mudah dimengerti dan mudah ditanggapi oleh peserta didik. Dengan salah satu karakteristik e-modul yang user friendly maka kemungkinan peserta didik akan akrab dan termotivasi untuk mempelajarinya lebih jauh.

Modul adalah bahan belajar yang disiapkan secara khusus dan dirancang secara sistematis berdasarkan kurikulum tertentu yang dikemas menjadi sebuah unit pembelajaran terkecil (modular) yang dapat digunakan pembelajar secara mandiri untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu yang telah ditetapkan.

Adapun e-modul disajikan ke dalam format elektronik dalam bentuk file word maupun pdf.

E-modul juga dapat dilengkapi dengan penyajian video tutorial, animasi dan audio untuk memperkaya pengalaman belajar.

Karakteristik e-modul yang baik adalah seperti yang dijelaskan sebagai berikut, yaitu :

a. Self instructional, siswa mampu membelajarkan diri sendiri, tidak tergantung pada pihak lain.

b. Self contained, materi pembelajaran seluruhnya yang dimulai dari satu unit kompetensi yang dipelajari harus dibuat atau disusun dalam satu modul yang lengkap dan utuh.

c. Stand alone, modul yang dikembangkan harus bersifat mandiri.

d. Adaptif, modul hendaknya memiliki sifat yang luwes menyesuaikan dengan perkembangan teknologi di masa yang akan datang.

e. User friendly, modul hendaknya mudah digunakan untuk bahan materi ajar ketika digunakan oleh pemakainya.

f. Konsisten dalam penggunaan font, spasi, dan tata letak.

g. Disampaikan dengan menggunakan suatu media elektronik berbasis computer

h. Memanfaatkan berbagai fungsi media elektronik sehingga disebut sebagai multimedia.

i. Tersedianya berbagai fitur yang ada pada aplikasi software serta jelas kebermanfaatannya.

j. Perlu didesain secara cermat (memperhatikan prinsip pembelajaran).

Previous
Next Post »