[UNDUH] ADMINISTRASI IHT SPMI TINGKAT SMA


Unduh Administrasi IHT SPMI Tingkat SMA - Para pembaca yang budiman, di dalam amanat Permendiknas Nomor 63 Tahun 2009 pasal 5 tertulis bahwa penjaminan mutu pendidikan formal dilaksanakan oleh satuan atau program pendidikan.

Ini mengandung pengertian satuan pendidikan wajib melaksanakan penjaminan mutu pendidikan yaitu suatu sistem penjaminan mutu yang dilaksanakan dalam satuan pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen satuan pendidikan.

Penyelenggaraan pendidikan oleh satuan pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu dikendalikan oleh penjaminan mutu pendidikan karena itu adalah fungsinya. Penjaminan mutu pendidikan dilaksanakan secara sistematis antara seluruh pemangku kepentingan di sekolah yang meliputi Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Kependidikan/Tata Usaha, dan bekerja sama dengan komite sekolah.

Ketika satuan pendidikan melaksanakan SPMP akan ditemui siklus penjaminan mutu yang dilakukan secara berkelanjutan. Siklus sistem penjaminan mutu internal terdiri lima tahapan yaitu pemetaan mutu dengan mengisi Evaluasi Diri Sekolah, penyusunan rencana peningkatan mutu, implementasi rencana peningkatan mutu sesuai 8 SNP, evaluasi/audit internal, dan penetapan standar mutu pendidikan.

Salah satu contoh implementasi SPMI yang dilaksanakan di satuan pendidikan seperti standar yang diambil adalah sarana dan prasarana, langkah pertama mulai dari pemetaan mutu dengan mengisi Evaluasi Diri Sekolah (EDS), di mana misalkan kondisi saat ini di satuan pendidikan tersebut belum ada jalan khusus untuk difabel.

Langkah kedua yaitu rencana pemenuhan mutu, menyatakan perlu dibangun jalan khusus difabel. Langkah ketiga yaitu implementasi mutu dengan indikator sudah tersedia satu jalan khusus difabel. Langkah keempat melakukan evaluasi, kemudian baru menentukan standar mutu baru yakni adanya pembangunan/tersedianya jalan khusus bagi kaum difabel.

Apa sih harapan dari sistem penjaminan mutu internal itu? Adanya sistem ini diharapkan adanya peningkatan dalam mutu pendidikan pada level sekolah. Peningkatan ini harus terlihat dari waktu ke waktu, seperti roadmap yang disampaikan. Apa saja itu? Yaitu terbangunnya tradisi mutu, ke arah budaya mutu, dan terciptanya mutu yang berbudaya.

Para pembaca, agar kegiatan SPMP berjalan lancer dan terlaksana dengan baik biasanya selalu diadakan kegiatan, baik bimbingan teknis, workshop maupun in house training untuk melaksanakan system penjaminan mutu bagi satuan pendidikan.

Berbekal latar belakang tersebut dan berdasarkan pengalaman penulis yang pernah menjadi panitia in house training (IHT) sistem penjaminan mutu pendidikan, perlu kiranya penulis menyediakan administrasi apa saja yang perlu disediakan untuk IHT tersebut.

Di sini penulis berbagi administrasi tersebut dan para pembaca yang membutuhkan tinggal unduh di link yang telah disediakan, yaitu sebagai berikut.

1. Contoh Silabus

2. Contoh RPP

3. Contoh Format KKM

Para pembaca, mengingat mutu pendidikan itu sangat berharga maka pembuatan Sasaran Mutu SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) bagi lembaga pendidikan merupakan kegiatan yang sangat penting.

Setiap satuan pendidikan wajib melakukan pemetaan mutu. Hal ini didasarkan pada Surat Edaran Dirjen Dikdasmen No 21/D/PO/2018 tentang Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun Ajaran 2018/2019 tanggal 8 Juni 2018.

Pemetaan mutu dilakukan dengan cara melengkapi data dalam instrumen pemetaan mutu yang pengisiannya melalui aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan versi terbaru dan pemutahiran data melalui aplikasi Dapodik 2018.b.
Previous
Next Post »
0 Komentar