Materi Matematika SMA Kelas 10 Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel


Materi Matematika SMA Kelas 10 Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu VariabelSelamat berjumpa kembali anak-anakku kelas 10 di manapun kalian berada, pada kesempatan berbahagia kali ini, kita masih bisa diberikan kesempatan untuk menjalankan kewajiban kita yaitu belajar.

Benar sekali, belajar merupakan proses wajib yang harus kita tempuh agar menjadi manusia yang memiliki ilmu pengetahuan dimana dengan ilmu pengetahuan tersebut kita dapat mengeksplorasi segala sesuatu yang ada di alam ini secara bijaksana.

Postingan kali ini, merupakan postingan yang berseri dalam rangka mengisi konten pembelajaran Matematika Kelas 10 di Semester Ganjil. Nanti dilanjutkan dengan konten-konten materi di Semester Genap. Jika merunut pada Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika Kelas 10, total terdapat 10 KD yang harus ditempuh.

Namun, pada masa pandemik Covid-19 yang masih melanda negara kita, total KD yang dibelajarkan cukup sebanyak 8 KD saja, dengan rincian 4 (empat) KD di semester ganjil dan sisanya sebanyak 4 (empat) KD di semester genap.

Postingan kali ini, saya akan mengawali dengan materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel. Step by step materi akan dijabarkan, namun tidak akan terlalu rinci dikarenakan takutnya kalian malah bosan untuk mengikuti pembelajaran pertama ini.

Postingan dawali dengan bagian pendahuluan, kemudian uraian materi, contoh-contoh soal serta pembahasannya agar lebih memahami konsep yang diberikan, latihan-latihan soal, serta soal-soal Ujian Kompetensi untuk mengukur sejauh mana pemahaman kalian terhadap materi kali ini.

Dalam uraian materi, banyak media yang akan digunakan selain blog sederhana ini, semisal media Youtube, postingan Instagram terkait materi matematika, modul ebook, dan lain sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar kalian bisa belajar sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Baik, kita mulai sekarang pembahasan materinya ya. Perhatikan kompetensi dasar 3.1 dan 4.1 di bawah ini.



Materi nilai mutlak tanpa disadari banyak sekali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari yang salah satunya seperti menemukan jangkauan dari nilai tertentu agar pernyataan yang diberikan itu bernilai benar.

Berikut permasalahan terkait menyelesaikan permasalahan penerapan nilai mutlak.
Pada mobil-mobil varian terbaru, angka kilometer per liternya tergantung pada bagaimana mobil itu digunakan oleh pemiliknya, apakah sering digunakan untuk perjalanan jarak jauh atau apakah hanya digunakan untuk perjalanan dalam kota. Untuk suatu merek mobil tertentu, angka kilometer per liternya berkisar di angka 3,8 kurang atau lebihnya dari 10 km/L. Nah, kita bisa menghitung berapa jangkauan dari angka km/L dari mobil tersebut dengan menggunakan konsep nilai mutlak.

Nah, postingan selanjutnya kita akan bersambung ya. Terimakasih telah membaca sampai tuntas.

KEGIATAN PEMBELAJARAN 1 KONSEP NILAI MUTLAK

Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran 1 selesai, diharapkan kalian mampu menjelaskan konsep nilai mutlak.

Konsep Nilai Mutlak
Anak-anakku semuanya, pernahkah kalian memikirkan berapa jauh jarak yang kalian tempuh antara rumah hingga ke sekolah? Pada saat kalian memikirkan berapa jauh jarak tersebut, pernahkah terlintas dalam pikiran kalian masing-masing bahwa jarak tersebut bernilai positif, negatif, atau mungkin selalu positif, atau selalu negatif?

Apakah kalian merasa penasaran? Nah, untuk menjawab rasa penasaran kalian tersebut marilah kita simak konsep jarak yang berkaitan dengan nilai konsep. Perhatikan ilustrasi berikut.

Misalkan Bapak akan menempuh perjalanan pergi pulang dari rumah ke sekolah setiap hari ketiak Pembelajaran tatap Muka (PTM) Terbatas sedang berlangsung. Untuk itu, Bapak harus menempuh jarak tertentu, baik itu searah maupun berlawanan arah dari rumah Bapak ke sekolah.

Kalian dapat memperhatikan Gambar 1 di atas, bahwa semua jarak yang mungkin akan ditempuh oleh Bapak dinyatakan dalam bilangan postif. Nah, sampai di sini, apakah kalian sudah mulai memahami konsep jarak?

Jarak merupakan selisih panjang antara dua tempat atau dalam arti lain jarak merupakan ukuran panjang dari perpindahan lokasi satu tempat ke tempat lain yang nilainya tidak pernah negatif sehingga diperlukan suatu konsep yang kita sebut sebagai nilai mutlak yaitu nilai non negatif dari suatu bilangan.

Definisi Nilai Mutlak
Misalkan x bilangan real, |x| dibaca nilai mutlak x, dan didefinisikan sebagai :

Apabila diungkapkan dalam kalimat sehari-hari, maka definisi nilai mutlak kita jabarkan sebagai nilai
mutlak suatu bilangan positif atau nol adalah bilangan itu sendiri, sedangkan nilai mutlak dari suatu bilangan negatif adalah lawan dari bilangan negatif itu. Sehingga,
| 4 | = 4, karena 4 > 0 (4 merupakan bilangan positif)
| –5 | = – ( –5 ) = 5, karena –5 < 0 (–5 merupakan bilangan negatif)

Previous
Next Post »